jump to navigation

Mengapa Diberi Nama Teddy Bear? 18/12/2008

Posted by pustakabahasa in Menuang Ide.
trackback

SOBAT Percil senang boneka kan? Apalagi sobat Percil yang perempuan, pasti punya koleksi boneka. Dari sekian banyak koleksi, sobat Percil pasti punya boneka yang paling disenangi. Ada yang favoritnya boneka Teletubbies, Barbie, anjing Dalmatian, Popeye, beruang Teddy (Teddy Bear), dan buanyaaaak lagi yang lain.
Khusus untuk Teddy Bear, tahukah sobat Percil asal mula boneka beruang yang lucu dan imut ini? Kenapa kok diberi nama Teddy ya? Ada sepenggal kisah menarik penuh nilai kemanusiaan di balik pemberian nama Teddy tersebut. Teddy diambil dari nama kecil Presiden ke-26 Amerika Serikat, Theodore (Teddy) Roosevelt. Lalu, apa hubungannya sang presiden dengan beruang? Begini kisahnya berawal….
Saat itu, 14 November 1902, 104 tahun yang lalu, sebagai seorang presiden, Theodore Roosevelt mengemban tugas menyelesaikan perdebatan mengenai batas wilayah Mississippi dan Louisiana. Di sela waktu luangnya menjalankan tugas, ia ikut dalam perburuan beruang ke hutan dekat Kota Smedes, Mississippi bersama rombongan. Setelah sekian lama berburu, tak satu pun beruang yang ia jumpai. Sampai akhirnya, seorang pemandu bernama Holt Collier mengabari bahwa dirinya telah menangkap seekor beruang.
Namun, Presiden Roosevelt sangat kaget melihat beruang yang penuh luka gigitan anjing pemburu dan diikatkan ke pohon, beruang itu tampak lemah tak berdaya. Hal itu membuat beliau iba. Beliau merasa kasihan dengan nasib beruang itu. Akhirnya, beliau pun mengurungkan niatnya untuk menembak mati beruang tadi.
Kejadian itu terdengar oleh Clifford K. Berryman, seorang kartunis politik dari koran The Washington Post. Ia mengabadikan peristiwa yang melibatkan Presiden Roosevelt dan beruang tadi dalam bentuk kartun di korannya.
Setelah itu, cerita maupun kartun itu tersebar dan menjadi populer di masyarakat. Kartun tersebut menginspirasi pemilik toko permen dan mainan di Brooklyn New York, yakni pasangan suami istri Morris Michtom dan Rose Michtom. Rose, sang istri, membuat boneka beruang seperti di kartun tadi untuk dijual di tokonya. Sebagai bentuk penghormatan, Morris Michtom mengirimkan boneka ini kepada Presiden Roosevelt dan meminta izin memakai nama kecil Presiden Theodore Rossevelt, yaitu Teddy, untuk nama boneka beruangnya. Gayung bersambut, sang presiden pun mengizinkan Michtom menggunakan namanya dijadikan nama boneka beruang tadi.
Sejak itu, Micthom dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Butler Brothers mulai memproduksi boneka Teddy Bear secara besar-besaran. Micthom sukses menjalankan usahanya karena boneka Teddy Bear sangat laku dan banyak digemari oleh anak-anak. Dari keuntungan yang dikumpulkan, ia pun mendirikan perusahaan sendiri yang diberi nama The Ideal Novelty and Toy Company. Sejak itu, Teddy Bear mulai dikenal di seluruh dunia dan menjadi boneka favorit bagi anak-anak maupun remaja putri.
Dari sepenggal kisah tadi, sebenarnya ada hikmah yang dapat sobat Percil ambil. Yap, sobat Percil harus selalu menyayangi binatang, baik itu binatang peliharaan atau bukan. Jangan sampai sobat kecil menyiksa atau menganiayanya, apalagi sampai mati. Kasihan kan, binatang juga sama seperti kita, ciptaan Tuhan. (Yudi Noorachman/berbagai sumber)***
sumber: pikiran rakyat (23/07/2006)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: